Tips Mencari Lokasi Untuk Perusahaan Jasa yang Tepat

Tips Mencari Lokasi Untuk Perusahaan Jasa yang Tepat

Tips Mencari Lokasi Untuk Perusahaan Jasa yang TepatPada dasarnya mencari lokasi untuk membangun perusahaan jasa merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini tidak lain karena kamu harus melakukan banyak sekali pertimbangan apabila ingin menentukan area yang tepat untuk memulai sebuah usahamu itu tadi tentunya. Apabila kamu masih bingung terhadap lokasi yang akan digunakan untuk membangun perusahaan jasamu tersebut maka dari itu simak ulasan artikel yang ada di bawah ini untuk lebih jelasnya lagi.

Begini Cara Mudah Memilih Lokasi Untuk Perusahaan Jasa yang Strategis

Sebenarnya memilih lokasi bangunan untuk perusahaan jasa cukup berbeda dengan industri produk. Sebab jika umumnya industri produk memikirkan untuk tempat pengolahan limbahnya lain lagi dengan perusahaan jasa ini. Kamu tidak harus memikirkan hal tersebut karena kamu hanya akan menemui calon pelangganmu saja. Maka dari itu tidak perlu repot untuk mendirikan lokasi perusahaan jasamu tersebut, berikut tipsnya.

1. Gampang ditemukan

Langkah pertama yang wajib kamu perhatikan terlebih dahulu dalam menentukan lokasi perusahaan jasamu tidak lain yaitu dengan cara memastikan bahwa tempat tersebut nantinya gampang ditemukan oleh calon pelangganmu sendiri tentunya. Hal ini tidak lain karea lokasi perusahaan jasa yang mudah terlihat nantinya tidak akan membuat calon konsumen merasa kebingungan atau bahkan tak kapok jika ingin ke sana lagi untuk menggunakan jasamu tentunya.

Mengingat dalam masa perkenalan biasanya mereeka akan tertarik untuk mengunjungi lokasi perusahaan jasamu itu tadi. Selain itu kamu juga bisa menekan biaya promosimu sendiri jika memilih lokasi perusahaan jasa yang strategis. Sebagai saran tambahan coba bangun usaha jasa milikmu tadi di dekat lokasi wisata.

Sebab siapa tahu banyak orang yang akan membutuhkan jasamu tersebut namun hal itu juga harus digaris bawahi juga bahwa mereka memang sudah sesuai dengan target pasarnmu sendiri tentunya. Dengan begitu peluang pengunjung tempat wisata yang ada di sekitarmu tadi menjadi jauh lebih banyak nantinya.

2. Pilih biaya sewa atau beli bangunan yang terjangkau

Tips lainnya saat akan memilih lokasi bangunan tidak lain yaitu dengan cara memperhatikan biaya sewanya sendiri. Jangan sampai kamu menghabiskan banyak sekali anggaran keuangan untuk memfokuskan pada bangunanmu saja. Melainkan kamu juga harus pintar-pintar dalam mengatur strategi keuangan.

Dengan kata lain, kamu bisa memilih biaya sewa atau bahkan membeli bangunan yang terjangkau saja. Umumnya area di pinggir jalan utama atau yang ada di dekat segmentasi pasar tertentu memang jauh lebih mahal. Bahkan harganya sendiri bisa mencapai 10 kali lipat jika dibandingkan dengan luas tanah maupun bangunannya sendiri. Hal iini tidak lain karena lokasi bangunannya sendiri mudah dilihat banyak orang.

Sebagai saran, pastikan kamu menemukan titik tengah dimana lokasinya tersebut cukup mudah dilihat banyak orang dengan tawaran harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan memaksakan lokasi yang strategis tapi kamu justru malah mengorbankan anggaran dana tersebut.

Tips Mencari Lokasi Untuk Perusahaan Jasa yang Tepat

3. Akses mudah dijangkau

Kamu pasti sudah tahu bahwa tidak semua lokasi mudah diakses maka dari itu kamu wajib menentukan tempat yang tepat. Dengan kata lain cari lokasi bangunan yang cukup strategis dan juga tidak sulit diakses. Sebagai contoh cari lokasi bangunan yang nantinya bisa diakses dengan mudah oleh ojek online, angkutan umum, mobil, dan juga motor.

Dengan begitu nantinya tidak akan sulit bagi calon pelangganmu saat akan datang ke lokasi perusahaanmu sendiri tentunya. Selain itu pastika juga bahwa lokasi tempat perusahaanmu tadi telah dideteksi googgle maps. Jika memungkinkan coba usahakan juga bahwa jalan yang ada di bagian depan lokasi tersebut cukup lebar. Sehingga nantinya lalu lalang kendaraan tersebut tidak membuatnya macet. Bahkan kamu juga bisa memikirkan tempat parkirnya supaya memudahkan akses kendaraan pelangganmu untuk keluar masuk lokasi perusahaanmu itu tadi tentunya.

4. Dekat dengan segmentasi pasar

Setelah mengetahui ketiga tips di atas tadi selanjutnya kamu harus memperhatikan juga bahwa lokasi tempatmu tadi dekat dengan segmentasi pasar. Sebenarnya poin yang satu ini tidak wajib untuk dilakukan namun lebih baik kamu lakukan untuk menjangkau target pasarmu lebih mudah lagi nantinya.

Misalnya saja jika kamu ingin membuka usaha fotokopian maka dirikan lokasi bangunannya di dekat kampus atau sekolahan. Dengan begitu segmentasi pasarnya semakin dekat sehingga bisa membuatmu lebih mudah dalam menjakau konsumen nantinya.

5. Legalitasnya sudah terjamin

Tidak hanya keempat tips yang ada di atas saja yang perlu kamu perhatikan, melainkan poin kelima ini juga wajib kamu pastikan supaya nantinya usaha jasamu bisa berjalan dengan lancar. Dimana kamu harus mengecek legalitas tempat yang akan digunakan untuk membangun perusahaan jasamu tersebut nantinya.

Pastikan dengan benar bahwa lokasi tempat tersebut telah mendapatkan izin dari pemerintah setempat dan juga mempunyai dokumen yang lengkap. Sebab jika tidak nantinya hal tersebut bisa berimbas buruk pada lokasi usahamu sendiri ke depannya. Maka dari itu terlebih dahulu kamu juga wajib memperhatikan legalitas dari lokasi usahamu tersebut supaya bisa terhindari dari masalah yang tidak diinginkan nantinya.

Salah satu contohnya yaitu untuk menghindari terjadinya penggusuran lokasi usaha karena ternyata area yang kamu sewa tersebut tidak legal. Bahkan bisa jadi lokasi usaha tersebut ternyata merupakan tanah maupun bangunan yang bersengketa. Maka dari itu nantinya usahamu terpaksa harus dialihkan dan kemungkinan besarnya digusur paksa. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh buruk pada reputasi bisnismu ke depannya untuk itu kamu harus waspada sejak awal.