Sebelum Buka Perusahaan Jasa Ini Dia Tips yang Wajib Dilakukan

Sebelum Buka Perusahaan Jasa Ini Dia Tips yang Wajib DilakukanMembuka perusahaan di bidang jasa merupakan salah satu cara untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu ingin membuka sebuah perusahaan di bidang jasa untuk mengapatkan penghasilan tambahan tersebut tentunya. Tidak hanya itu saja kamu bahkan juga bisa mendapatkan jam kerja yang lebih fleksibel nantinya.

Hal ini tidak lain karena kamu akan menjadi bos untuk dirimu sendiri nantinya sehingga waktu kerjanya bisa disesuaikan semaumu. Keuntungan yang kamu dapatkan sendiri juga lumayan banyak karena kamu bisa memperolehnya sendiri nantinya. Apabila kamu tertarik untuk membuka usaha sendiri maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya kamu bisa lebih siap lagi jika menemui risiko kegagalan yang tidak terduga, berikut ulasannya.

1. Analisa jenis usaha jasamu sendiri

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara melakukan analisa pada jenis usahamu sendiri tentunya. Tentunya kamu juga harus memastikan juga bahwa jenis usaha yang didirikan tersebut merupakan salah satu yang diminati. Sebab nantinya kamu harus dipaksa bergelut dengan usaha jasamu itu tadi sehari-harinya.

Maka dari itu lebih baik pastikan pilih jenis usaha jasa yang kamu minati saja untuk menghindari kebosanan. Sebenarnya tidak ada salahnya juga jika kamu ingin mendirikan jenis usaha jasa yang berbeda dengan keinginanmu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan banyak tantangan di dalamnya.

Setelah mengetahui jenis usaha jasa apa saja yang diinginkan maka kamu wajib melakukan analisa yang mendalam. Dimana kamu harus menjabarkan secara rinci terkair detail usaha jasamu itu tadi pastinya. Beberapa hal yang harus kamu jabarkan tidak lain yaitu sales forecast hingga analisa arus kas. Jika sudah maka kamu bisa langsung menyusun rencana pemasarannya saja.

2. Buat rencana bisnis dengan konsep yang sesuai

Setelah melakukan analisa jenis usaha jasamu secara mendalam seperti langkah yang pertama itu tadi, maka selanjutnya yaitu buat rencana bisnisnya. Dimana kamu wajib membuat rencana bisnis tersebut dengan konsep yang sesuai pastinya. Jangan sampai kamu malah membuat rencana bisnis yang melenceng dari konsepmu sendiri tentunya.

Apabila nantinya kamu akan memncari pendanaan dari luar, maka rencana bisnis atau usaha jasamu tadi akan sangat penting. Hal ini tidak lain untuk memenuhi kebutuhan bisnismu sendiri pastinya. Belum lagi jika nantinya kamu akan membiayai pendanaanmu sendiri. Pastinya rencana bisnis dengan konsep yang sesuai ini sudah jelas akan dibutuhkan.

Mengingat dengan rencana bisnis tersebut kamu bisa mengetahui berapa banyaknya uang yang dibutuhkan untuk memulai usahamu tadi. Selain itu kamu juga akan mengetahui apa saja yang akan dilakukan dan juga kapan maupun di mana kamu akan menujunya.

Sebelum Buka Perusahaan Jasa Ini Dia Tips yang Wajib Dilakukan

3. Siapkan modal yang cukup

Selain kedua hal di atas itu tadi kamu juga wajib mmenyiapkan modal yang cukup untuk memulai usahamu sendiri tentunya. Sebab modal merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk memulai sebuah usaha jasa pastinya. Sebenarnya tidak sedikit orang yang ingin memulai usahanya tetapi tak jarang juga dari mereka yang belum mempunyai modal yang cukup.

Maka dari itu jangan heran jika modal terbatas yang dimilikinya tersebut tidak mampu mencukupi usaha jasa yang akan didirikannya sendiri. Untuk mengantisipasinya kamu bisa mencari modal tersebut dari hasil menabung, investor, dan juga meminjam uang dari pihak bank maupun melakukan sistem partnership.

Di samping itu tidak hanya modal awal saja yang kamu butuhkan untuk membangun perusahaan jasamu tadi. Melainkan ada hal lainnya yang wajib kamu persiapkan juga untuk membangun usaha jasamu. Salah satunya yaitu setidaknya kamu harus memiliki modal yang cukup kurang lebih selama 3 bulan lamanya dari hasil yang dianggarkan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa memulai bisnis baru tanpa mengeluarkan modal hanya dengan menjadi reseller maupun pengecer dari suatu barang terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan modal tambahan untuk mendirikan usaha jasamu itu tadi nantinya.

4. Realisasikan usahamu di badan hukum alias legal

Hal yang harus kamu perhatikan saat akan membangun sebuah perusahaan jasa tidak lain yaitu dengan menjadikannya legal alias disahkan oleh badan hukum. Sebab jika tidak disahkan oleh badan hukum yang resmi maka nantinya akan ada risiko yang mau tidak mau harus kamu tanggung sendiri.

Tentunya hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kemajuan usaha jasamu nantinya. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama maka nantinya akan mencoreng nama baik dari usaha jasamu tadi. Maka dari itu supaya lebih amannya lagi daftarkan usaha jasamu di badan hukum terlebih dahulu.

Sebagai saran tambahan pilih nama perusahaan jasa yang baik dan juga tentukan struktur hukum sekaligus. Setelah itu kamu hanya tinggal mendaftarkan nama perusahaan jasamu tadi di Ditjen HKI sebagai salah satu merk dagang resmi dan juga yang sah di mata huku. Selain itu kamu juga wajib mempersiapkan berbagai macam dokumen organisasi yang dibutuhkan.

Bahkan beberapa dokumen tambahan lainnya juga akan dibutuhkan pada saat akan mendaftarkan perusahaan jasamu tersebut. Beberapa dokumen yang dimaksudkan sendiri yaitu berupa surat perjanjian usaha, akta penderian usaha, hak atas nama perusaahaan, nama perusahaan, dan juga pengakuan maupun pengesahan.

Dengan begitu kamu bisa langsung memperluas memperluas newtorking atau jaringanmu sendiri. Misalnya saja kamu bisa mengikuti komunitas yang masih berhubungan dengan jenis usahamu sendiri nantinya dimana kamu bisa melakukannya sebelum memulai membangun usaha jasamu tersebut pastinya.