
Bagaimana Pengetahuan Pemasaran Dapat Membantu Karir Anda
Bagaimana Pengetahuan Pemasaran Dapat Membantu Karir Anda – Studi pemasaran adalah bidang yang bisa memberi manfaat lebih dari sekadar mereka yang ingin berkarir di bidang pemasaran. Sebagai bidang dengan banyak kegunaan, teknik pemasaran dapat diajarkan kepada siswa dari semua jurusan, membantu Anda maju dengan keahlian yang beragam.
Bagaimana Pengetahuan Pemasaran Dapat Membantu Karir Anda
rcs – Pemasaran adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan tindakan merek, layanan, pengusaha, atau siapa saja yang perlu mengumpulkan pelanggan dan mempromosikan produk mereka. Tindakan ini digambarkan dalam rencana pemasaran dan melibatkan strategi keseluruhan, mulai dari menarik calon pengguna baru hingga menjaga hubungan yang sehat.
3 Keuntungan Mempelajari Pemasaran
Terlepas dari bidang yang ingin Anda kejar, mempelajari pemasaran dapat melengkapi atau membawa kehidupan baru ke jalur karier Anda.
1. Promosi diri dan keterampilan yang lebih kompetitif
Studi pemasaran memberikan keunggulan kompetitif yang unik: Anda dapat mempelajari cara mempromosikan diri dan pekerjaan Anda. Lagi pula, studi pemasaran membantu Anda memahami arti sebenarnya dari nilai: Nilai produk dan nilai orang atau merek yang menghasilkan produk tersebut.
Saat mencoba menjadikannya sebagai profesional muda, menonjol bisa menjadi tantangan; di sinilah studi pemasaran memimpin. Serangkaian keterampilan yang dapat Anda kembangkan saat mempelajari pemasaran dapat memberi Anda lebih percaya diri dan mengubah Anda menjadi profesional yang lebih dibutuhkan yang dapat menampilkan diri Anda dan produk atau layanan Anda dengan cara yang tidak dapat dilakukan orang lain.
Baca Juga : Lima Manfaat Teratas Dari Startegi Pemasaran Dan Periklanan Yang Disesuaikan Untuk Bisnis Anda
Promosi diri sangat penting untuk kesuksesan. Oleh karena itu, melalui studi pemasaran, seorang profesional muda dapat memahami cara pesaing dan profesional yang sudah mapan memahami nilai di bidangnya dan menggunakannya untuk keuntungan mereka guna memberikan nilai bagi diri dan keterampilan mereka. Lagi pula, tindakan pemasaran dan pemasaran menghasilkan standar yang harus dipenuhi oleh sesuatu produk, layanan, apa saja untuk menjadi sukses, dan menciptakan konsumen yang lebih baik. Prinsip yang sama berlaku untuk profesional dalam bentuk apa pun.
2. Pengetahuan psikologi konsumen
Psikologi konsumen adalah studi tentang semua varian yang memengaruhi pengambilan keputusan prospek. Karena profesional muda “menjual” keterampilan mereka, prospek bisa siapa saja dari manajer perekrutan hingga kelas, jika orang tersebut adalah seorang guru jalur karier yang sejauh mungkin dari pemasaran, dalam pikiran semua orang.
Prospek membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka anggap sebagai kebenaran. Seorang pemasar dalam pembuatan atau seseorang yang telah mempelajari pemasaran dapat mengetahui alasan di balik proses pengambilan keputusan itu dan melangkah lebih dalam, mungkin melampaui keuntungan dan membantu orang lain benar-benar berkembang.
Studi pemasaran dapat membantu Anda memahami bagaimana prospek membuat keputusan tentang suatu produk atau layanan. Keputusan-keputusan ini tidak didasarkan pada kebenaran itu sendiri, tetapi versi kebenaran yang dapat dipahami oleh calon pelanggan sehubungan dengan produk dan bagaimana hal itu dapat memperbaiki kehidupan mereka.
Memahami persepsi itu memungkinkan Anda menggunakannya untuk keuntungan Anda, karena Anda dapat mempromosikan diri sendiri dan menunjukkan kepada prospek mengapa layanan mereka berguna. Terlebih lagi dengan cara yang akan mereka terima dan pahami, berdasarkan kebiasaan gaya hidup mereka.
3. Lebih banyak pilihan karir
Tidak ada bidang yang tidak menggunakan beberapa prinsip pemasaran, terutama di dunia digital saat ini. Dari posisi administrasi hingga manajemen bisnis, studi pemasaran diperlukan karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan promosi diri. Pemasaran adalah apa yang menyatukan konsumen dan produk. Oleh karena itu, dapat mengontrol cara organisasi atau fungsi bisnis. Karena keterampilan pemasaran serba guna, perusahaan mencarinya untuk karyawan mereka.
Eksekutif bisnis perlu mengetahui bagaimana melakukan riset pemasaran yang masuk akal. Selain itu, wiraniaga perlu memahami mengapa produk mereka cukup bagus untuk menonjol, dari berbagai produk di luar sana yang melayani tujuan yang sama. Bahkan mereka yang terlibat dalam pengembangan produk perlu memahami prinsip pemasaran inti, untuk memprioritaskan kebutuhan produk baru dan fitur yang perlu mereka buat terlebih dahulu.
Pemasaran bukan hanya periklanan. Sebagaimana dibuktikan oleh program administrasi bisnis PLNU dalam pemasaran, keterampilan pemasaran dapat bermanfaat baik bagi komunikator alami maupun kehidupan sehari-hari seseorang. Keterampilan pemasaran sangat dapat dialihkan, dan orang yang memilikinya dapat menerapkannya dalam semua situasi.
Bagaimana Pemasaran Membantu Pekerja Lepas
Bagi para freelancer, pekerjaan mereka adalah kesempatan mereka untuk memasarkan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka perlu memahami beberapa prinsip pemasaran dasar untuk mempromosikan karya mereka terlebih dahulu:
- Freelancer dengan beberapa pengetahuan pemasaran tahu bagaimana menganalisis data, meneliti audiens ideal mereka, dan tampil dengan hasil untuk melakukan pekerjaan mereka dan keadilan audiens mereka.
- Manfaat lain mempelajari pemasaran untuk freelancer adalah kemampuan untuk memilih platform ideal yang dapat mereka gunakan, terutama jika mereka tahu cara menggunakan platform digital.
- Hal hebat tentang platform digital adalah mereka menawarkan solusi berbiaya rendah atau nol untuk mempromosikan karya pekerja lepas. Jadi, pekerja lepas yang bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa pengetahuan pemasaran melalui analitik, psikologi pelanggan, atau bahkan beberapa konten hebat yang dapat memudahkan prospek lebih jauh ke corong penjualan, selangkah lebih maju.
Jenis Keterampilan Pemasaran Berkembang
Keterampilan komunikasi dan analitis
Tidak ada yang mengatakan “komunikator” seperti pemasar yang baik dengan waktu dan kesabaran untuk mendengarkan dan belajar dari prospek mereka. Jenis kesabaran dan pengertian ini diperlukan untuk semua profesional dalam bentuk apa pun.
Seperti yang kita semua tahu, setiap bisnis bergantung pada pelanggan memelihara mereka, mendekati mereka, dan mendengarkan kebutuhan mereka membutuhkan banyak usaha, terlebih lagi ketika merek dituntut untuk mendengarkan dan menciptakan sesuatu yang berharga.
Memahami pelanggan, siswa, manajer perekrutan, dan siapa pun yang harus Anda yakinkan sangat penting untuk masa depan Anda. Memahami interaksi manusia dan apa artinya bagi setiap orang yang terlibat dapat membuat perbedaan antara meyakinkan dan bekerja sama dengan penonton, apa pun itu, dan kehilangan kesempatan.
Jenis pemahaman seperti itu tidak akan mungkin terjadi tanpa penggunaan dan pemahaman data yang mendalam. Panah dalam quiver keahlian pemasaran adalah jenis pemahaman itu. Tidak ada merek yang tidak menyukai profesional yang dapat membaca laporan demi laporan dan membuat keputusan yang cerdas.
Penjual, pengusaha, solopreneur bukan hanya pemasar setiap orang perlu memiliki pengetahuan fungsional tentang interpretasi data. Ini mengarah pada perencanaan yang akurat, strategi konkret, dan pemahaman yang baik tentang pelanggan itu sendiri. Sangat mudah untuk melihat bagaimana studi pemasaran dapat bermanfaat bagi semua orang di posisi dan profesi apa pun dari semua yang disebutkan di atas. Tapi bagaimana dengan keuntungan pribadi dan keterampilan hidup yang diperoleh melalui studi pemasaran?
Keuntungan pribadi dari pemasaran
Seperti yang dikatakan sebelumnya, pemasar biasanya adalah komunikator yang baik. Untuk menjadi komunikator yang baik, Anda harus menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Pendengar yang baik hebat dalam mengumpulkan dan menganalisis data, dan membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional Anda.
Terlebih lagi, studi pemasaran dapat menumbuhkan keterampilan sosial dan orang. Pemasar hebat mendengarkan audiens mereka; mereka berinteraksi dengan mereka, terus mencari cara untuk meningkatkan atau bahkan menemukan kembali pendekatan mereka demi pelanggan mereka. Ini adalah keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari setiap orang, terutama saat menangani masalah dan perlu memikirkan lebih dari satu solusi.
Terakhir, pemasaran dapat mengajari Anda cara bekerja dengan anggaran. Anggaran pemasaran sering kali menjadi topik yang sulit, dan pemasar selalu mencari cara unik untuk menurunkan biaya tanpa mengorbankan kualitas kampanye mereka. Beginilah cara pemasaran “berbiaya rendah, non-taktis” juga dikenal sebagai pemasaran gerilya dimulai, membuktikan bahwa pemasar cukup banyak akal untuk melakukan keajaiban dengan anggaran terbatas.