Apa Saja Jenis-Jenis- Jenis Transaksi Yang Ada Di Perusahaan Jasa Itu?

Apa Saja Jenis-Jenis- Jenis Transaksi Yang Ada Di Perusahaan Jasa Itu?

Apa Saja Jenis-Jenis- Jenis Transaksi Yang Ada Di Perusahaan Jasa Itu? – Pada dasarnya transaksi di perusahaan jasa berbeda dengan umumnya yang dilakukan oleh bisnis lainnya. Meskipun begitu mungkin saja ada juga yang sama untuk jenis transaksi tertentu. Namun tetap saja kegiatan utamanya sangat berbeda.

Jenis-Jenis Transaksi Yang Ada Di Perusahaan Jasa

Pada perusahaan jasa terdapat berbagai macam jenis transaksi seperti investasi, pembelian, pendapatan, pembayaran beban-beban dan penerimaan piutang. Di mana semua transaksi itu harus dicatat secara baik dan benar untuk melihat perkembangan perusahaan di masa yang akan datang. Untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini hingga selesai.

1. Investasi

Transaksi investasi ini sangat dibutuhkan apabila terdapat barang atau bahan dalam jumlah banyak dan beragam. Ditambah lagi jika usaha yang sedang digeluti termasuk ke dalam skala besar. Pastinya modal yang harus dikeluarkan lebih banyak. Oleh karena itu dalam hal ini peran investor untuk berinvestasi sangat penting guna menambah jumlah modal yang diperlukan. Dengan begitu nantinya pelayanan jasa yang akan diberikan oleh perusahaan jauh lebih maksimal.

2. Pembelian

Transaksi yang sering dilakukan oleh perusahaan jasa yaitu pembelian peralatan dan perlengkapan kerja. Nantinya setiap transaksi pembelian itu wajib dicatat dengan baik dan benar. Hal itu dikarenakan dalam kurun waktu ke depan perusahaan akan mencatat transaksi lain yang berkaitan dengan pembelian. Misalnya ketika membeli mesin cuci maka periode ke depan yaitu melakukan transaksi seperti penyusutan dan perawatan.

3. Pendapatan

Seperti halnya dengan bisnis pada umumnya, Di mana tujuan utama dibukanya perusahaan jasa yaitu untuk memperoleh keuntungan. Maka dari itu tidak heran jika para pengusaha jasa ini akan selalu mencoba untuk memberikan layanan terbaik, sehingga membuat para konsumennya merasa puas terhadap bisnis yang dijalani itu. Sedangkan untuk transaksi pendapatannya ini juga wajib dicatat pada pembukuan dengan baik bisa dalam bentuk tunai maupun kredit.

4. Pembayaran Beban-Beban

Di samping mengeluarkan uang untuk membeli keperluan berupa peralatan dan perlengkapan. Untuk menunjang kegiatan operasionalnya perusahaan jasa juga harus melakukan pembayaran beban misalnya tagihan listrik, telepon, internet, administrasi dan sewa tempat. Di mana semua transaksi ini nantinya harus dicatat dalam pembukuan untuk mempermudah melakukan pengecekan.

5. Penerimaan Piutang

Tidak hanya untuk perusahaan dagang saja. Penerimaan piutang juga bisa ditemukan pada bisnis jasa seperti layanan yang memerlukan waktu tertentu bagi para konsumen untuk melunasi pembayaran itu secara keseluruhan. Hal itu tentunya termasuk juga fasilitas yang telah disediakan oleh perusahaan jasa guna memuaskan para pelanggannya.

Penerimaan Piutang

Manfaat Perusahaan Jasa

Sama seperti dengan bisnis yang bergerak dalam bidang lainnya. Hadirnya perusahaan jasa di tengah-tengah masyarakat juga terbukti bisa menyerap tenaga kerja. Itu artinya semakin banyak perusahaan jasa maka peluang tersedianya lapangan pekerjaan sangatlah besar.

Manfaat lain dari adanya perusahaan jasa yaitu sebagai penyedia pengadaan barang. Hal itu dikarenakan masyarakat yang berkecimpung dalam suatu bisnis akan membutuhkan jasa untuk melakukan pembelian barang. Biasanya pada suatu badan usaha yang membutuhkan barang, akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan yang telah berpengalaman dalam melakukan jual beli produk tersebut. Dengan begitu jika konsumen tersebut memanfaatkan layanan penyedia jasa, maka proses pengadaan barang bisa dilakukan secara mudah sesuai anggaran.

Pada suatu perusahaan terutama yang baru pertama kali didirikan pastinya Ada setoran modal dari pemilik maupun investor. Di mana semua investasi itu perlu dicatat dengan baik, apalagi jika dana itu bersumber dari pihak lain. Hal itu bertujuan agar pembagian hasil dan pengembaliannya jelas. Itulah pembahasan singkat tentang 5 transaksi perusahaan jasa yang umum dilakukan.